Perbedaan Listrik AC dan DC pada Sepeda Motor

Motor dengan Kelistrikan AC

Motor yang memakai sistem kelistrikan AC, maka tenaga listrik yang ada pada lampu depan akan di pasok langsung oleh spul. Spul tersebut yang digerakkan oleh poros engkol beserta seberapa besar arus yang dibutuhkan akan dikontrol langsung oleh kiprok, hal ini supaya bohlam tidak putus.

Bukan hanya itu saja, lampu depan yang memakai kelistrikan AC baru akan dapat menyala apabila mesin sudah dihidupkan. Besar kecilnya arus kelistrikan yang ada sangat tergantung kepada putaran mesin motor.

Read More

Bila mesin berbalik tidak kilat, hingga lampu bagian depan hendak meredup serta apalagi mati. Demikian juga kebalikannya, bila mesin hadapi putaran, hingga sinar lampu hendak cerah.

Motor dengan Kelistrikan DC

Pada Kelistrikan DC energinya akan disuplai langsung oleh aki serta kiprok, hal ini gunanya hanya untuk mengisi serta melindungi kestabilan arus. Suplai listrik yang ada pada arus kelistrikan AC yang dari aki sudah langsung dialirkan ke seluruh komponen motor saat sebelum mesin kendaraan tersebut dinyalakan.

Oleh karena itu, pada motor yang memakai kelistrikan DC, lampu bagian depannya hendak menyala mendadak dikala kunci kontak diputar pada posisi ON. Kala mesin kendaraan dinyalakan, secara otomatis listrik hendak meningkat serta nyala lampu tidak hendak meredup.

Lampu depan pula hendak cerah secara optimal walaupun tanpa putaran mesin. Akan tetapi diperlukan arus pengisian cukup besar supaya aki tidak tekor pada kelistrikan semacam DC ini. Oleh karena itu umumnya akan dijumpai kapasitas ampere pada DC lebih besar dari sistem AC.

Pada arus DC biasanya sudah dilengkapi model fullwave. Oleh sebab itu, maka seluruh tenaga listrik yang diperlukan sudah disuplai oleh aki, sedangkan spul hanya mempunyai peran mengisi arus yang mengalir ke aki. Akan tetapi tidak semua motor yang memakai kelistrikan DC selalu dilengkapi oleh fullwave.

Pada dasarnya adalah seluruh sumber kelistrikan yang ada pada motor DC adalah berasal dari aki. Spul ini cuma mempunyai tugas mengisi arus yang disalurkan ke aki. Akan Tetapi, lampu depan motor DC yang ada pada saat ini sudah banyak yang memakai tipe LED (Light Emitting Diode).

Jika terdapat motor yang memakai lampu LED, maka akan dapat ditentukan bahwa motor tersebut memakai arus kelistrikan system DC. Hal ini disebabkan oleh lampu tipe LED yang sangat memerlukan kelistrikan dengan kondisi normal. Karena itu maka arus kelistrikan hanya sangat mengandalkan listrik yang bersumber langsung dari aki.

Kelebihan serta Kekurangan Arus Kelistrikan AC

Kelebihan dari sistem kelistrikan AC adalah usia aki yang dipunyai motor akan lebih panjang dan tidak gampang soak dibandingkan sistem DC. Hal ini disebabkan karena aki hanya dibebankan saat sistem starter bekerja saja.

Pada arus kelistrikan AC, lampu motor bagian depan hanya bisa menyala jika diperlukan saja dengan menekan tombol saklarnya, jika tidak diperlukan cukup menekan tombolnya untuk dimatikan.

Sedangkan kekurangan arus kelistrikan AC antara lain lampu yang menyala kurang normal dan tidak optimal, hal ini disebabkan karena energi yang digunakan hanya tergantung pada mesin motor saja.

Kelebihan serta Kekurangan Arus Kelistrikan DC

Secara umum sistem kelistrikan DC mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem AC.
Beberapa kelebihan sistem DC adalah :

  • Dapat dibawa kemana saja, karena tegangan yang menghasilkan arus DC ini dapat disimpan dalam bentuk yang lebih portable
  • Lampu menyala lebih stabil meskipun motor belum dinyalakan, dan juga lampu motor dapat menyala dengan terang lantaran menggunakan listrik yang arusnya berasal dari aki

Disamping kelebihan sistem DC tersebut, arus kelistrikan DC mempunyai beberapa kekurangan juga, diantaranya adalah arus listrik DC membutuhkan ampere serta pengisian lebih besar supaya akinya tidak gampang tekor. Disamping itu Arus yang dipakai pada motor DC berasal dari aki, sehingga beban yang besar akan diterima oleh aki setiap saat. Bahkan sejak mesin kendaraan belum dinyalakan. Hal tersebut membuat aki akan lebih cepat soak. Sehingga harus sering dicek kelistrikannya agar dapat berfungsi dengan baik.

Related posts