Perbedaan Antara Listrik 1 Phase dengan 3 Phase
Perbedaan Antara Listrik 1 Phase dengan 3 Phase

Perbedaan Antara Listrik 1 Phase dengan 3 Phase

Posted on

Teknik ListrikPerbedaan Antara Listrik 1 Phase dengan 3 Phase – Seringkali kita mendengar istilah listrik 1 phase dan 3 phase. Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan hal tersebut? Nah, bagi anda yang belum paham, kali ini kami akan memberikan informasinya ke anda mengenai pengertian serta perbedaan antara listrik 1 phase dan 3 phase.

Perbedaan Antara Listrik 1 Phase dengan 3 Phase
Perbedaan Antara Listrik 1 Phase dengan 3 Phase

Perbedaan Antara Listrik 1 Phase dengan 3 Phase

Pengertian Listrik 1 Phase

Listrik 1 Phase
Listrik 1 Phase

Listrik 1 phase adalah listrik yang menggunakan dua buah penghantar, yakni penghantar fasa dan penghantar netral (0). Jadi secara sederhana, listrik 1 phase dapat diartikan sebagai listrik yang terdiri dari 1 kabel bertegangan dan 1 kabel netral. Dengan tegangan 220 Volt, listrik 1 phase banyak digunakan pada perumahan.

Baca juga : Pengertian Arus Listrik Searah (DC) dan Bolak-Balik (AC) 

Meskipun kabel yang ada di jalan pada jaringan PLN, namun kabel yang masuk ke rumah anda hanya 2 buah, yaitu kabel 1 phasa dan 1 kabel netral. Hal itu dikarenakan pada perumahan tidak memerlukan daya listrik yang terlalu besar sehingga 1 phase sudah dianggap cukup untuk mengakomodasi kebutuhan listrik sehari-hari.

Pengertian Listrik 3 Phase

Listrik 3 Phase
Listrik 3 Phase

Berbeda dengan listrik 1 phase, pada listrik 3 phase menggunakan 3 buah penghantar fasa dan 1 buah penghantar netral (0). Jadi total ada 4 kabel yang masuk ke instalasi listriknya. Itulah sebabnya kenapa MCB 1 fasa dan MCB 3 fasa berbeda jumlah lubangnya. Listrik 3 phase memiliki tegangan listrik sebesar 380 Volt dan banyak digunakan pada industri, pabrik, hotel, dan tempat-tempat yang membutuhkan daya listrik besar lainnya.

Macam-macam Hubungan Listrik 3 Phase :

  • Hubungan bintang (“Y” atau star).
  • Hubungan delta.

Macam-macam Tegangan Listrik 3 Phase :

  • Tegangan antar phase (Vpp : voltage phase to phase atau ada juga yang menggunakan istilah Voltage line to line).
  • Tegangan phase ke netral (Vpn : Voltage phase to netral atau Voltage line to netral).

Keuntungan Listrik 3 Phase

  • Memiliki daya listrik yang besar sehingga mampu memenuhi kebutuhan listrik pada tempat-tempat yang membutuhkan daya listrik besar seperti industri dan hotel.
  • Kabel yang digunakan bisa lebih kecil sehingga lebih hemat biaya. Hal ini dikarenakan listrik 3 phase menggunakan tegangan yang lebih tinggi sehingga menyebabkan arus listrik yang mengalir menjadi lebih rendah.
  • Karena dayanya yang sudah besar, maka auntuk menjalankan motor 3 fasa tidak lagi memerlukan kapasitor.

Itulah perbedaan listrik 1 phase dan 3 phase. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *