Pengertian Generator Listrik
Pengertian Generator Listrik

Pengertian Generator Listrik

Diposting pada

Teknik ListrikPengertian Generator Listrik – Sebelum kita membahas tentang pengertian generator listrik, perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya mesin listrik terdiri dari 3 buah yaitu generator listrik, motor listrik, dan transformator. Setiap mesin tersebut tentu saja memiliki fungsi yang berbeda. Contohnya generator listrik yang fungsinya untuk menghasilkan energi listrik dari energi gerak yang diterimanya. Bagi Anda yang penasaran mengenai mesin listrik yang satu ini, berikut saya bahas pengertian generator listrik beserta fungsi, bagian-bagian, dan cara kerjanya secara lengkap.

Pengertian Generator Listrik, Fungsi, Bagian-Bagian, dan Cara Kerjanya

Pengertian Generator Listrik
Pengertian Generator Listrik

Pengertian Generator Listrik

Generator listrik adalah mesin listrik yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Teori diciptakannya generator listrik bermula dari percobaan Michael Faraday, yaitu seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukannya, disimpulkan bahwa “ketika sepotong kawat penghantar digerakan memotng fluks (garis-garis gaya magnetik), maka di kawat kawar penghantar tersebut akan terjadi gaya gerak listrik (GGL). Besarnya arus listrik yang dihasilkan oleh percobaan tersebut tergantu daru panjang kawat, kuat medan magnet, dan kecepatan gerakan penghantar.

Fungsi Generator Listrik

Fungsi generator listrik pada umumnya untuk menghasilkan energi listrik. Manfaatnya adalah untuk mengubah energi gerak menjadi energi listrik sehingga dihasilkan listrik yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Generator listrik banyak digunakan dalam berbagai jenis pembangkit listrik di Indonesia. Penamaan pembangkit tersebut berdasarkan dari jenis penggerak yang digunakan untuk menggerakan generator. Misalnya jika generator yang digunakan digerakan oleh air maka disebut pembangkit listrik tenaga air atau jika digerakan oleh gas, maka disebut pembangkit listrik tenaga gas (PLTG). Berikut adalah macam-macam pembangit listrik yang ada di Indonesia dan di dunia.

  • Pembangkit listrik tenaga angin
  • Pembangkit listrik tenaga air
  • Pembangkit listrik tenaga uap
  • Pembangkit listrik tenaga gas
  • Pembangkit listrik tenaga diesel
  • Pembangkit listrik tenaga panas bumi
  • Pembangkit listrik tenaga nuklir
  • Pembangkt listrik tenaga surya

Bagian-Bagian Generator Listrik

Bagian utama generator AC bisa Anda lihat pada gambar ilustrasi berikut ini.

Pengertian generator listrik dan bagian-bagiannya
Pengertian generator listrik dan bagian-bagiannya

Komponen generator pembangkit tenaga listrik yang ada pada gambar di atas antara lain sebagai berikut.

  • Bearing atau Laher, adalah bagian yang berfungsi untuk menyeimbangkan putaran putara rotor sehingga dihasilkan putaran yang halus dan minim gesekan.
  • Penutup, adalah bagian yang berfungsi untuk melindungi komponen dalam generator supaya tidak mempengaruhi bagian yang berada di luarnya. Seperti manusia, percikan air, api, dan kontak lain yang dapat mempengaruhi kinerja generator listrik.
  • Kutub Stator, adalah bagian pada generator listrik yang berfungsi sebagai penghasil fluks magnetik. Magnet tersebut terbuat dari bahan feromagnetik, seperti campuran antara baja dan silikon.
  • Lilitan Medan Magnet, bagian ini berfungsi untuk memberikan energi magnet kepada kutub magnet.
  • Pemegang Sikat, fungsi komponen ini adalah untuk mempertahankan posisi sikat komutator agar posisi tetap berada di tempatnya.
  • Poros, yaitu bagian generator listrik yang fungsinya sebagai tempat terjadinya perubahan kutub stator sehingga terjadi perubahan dari energi gerak menjadi energi listrik.
  • Lilitan Jangkar, bagian ini merupakan tempat terjadinya GGL. Lilitan ini berupa lilitan kawat ataupun lilitan batang yang terdiri dari beberapa kumparan yang dipasang di dalam alur jangkar.
  • Jangkar, fungsinya sebagai tempat diamnya kumparan-kumparan dalam lilitan jangkar agar stabil dan seimbang sehingga terjadi gaya gerak listrik imbas.
  • Komutator atau Slipring, adalah bagian yang berfungsi sebagai penyearah mekanik.
  • Pegas Penahan, fungsinya untuk menekan sikat komutator supaya tetap berada pada posisinya ketika terjadi putaran.
  • Sikat Komutator, bagian ini memiliki fungsi sebagai penghubung arus yang dihasilkan oleh jangkar menuju ke terminal luar.

Cara Kerja Generator Listrik

Cara dan prinsip kerja generator AC sebenarnya merupakan penerapan dari percobaan yang telah dilakukan oleh Michael Faraday. Untuk memahaminya, lihatlah gambar cara kerja generator berikut ini.

Pengertian generator listrik dan cara kerjanya
Pengertian generator listrik dan cara kerjanya

Ketika poros generator diputar, baik itu dari tenaga air, tenaga uap, atau tenaga yang lainnya, maka akan timbul GGL karena memotong fluks magnetik yang ada di sekitarnya. Energi listrik tersebut kemudian dikeluarkan menuju terminal yang berada di luar generator untuk kemudian disalurkan ke tempat penyimpanan energi listrik atau langsung dialirkan ke jaringan distribusi. Tengangan listrik yang dihasilkan oleh generator bergantung dari seberapa banyak jumlah lilitan kumpatan dan seberapa kuat medan magnetnya.

Baca juga:Mengenal Generator AC (Arus Bolak-balik) Beserta Fungsi dan Gambar Bagian-Bagiannya

Jika tegangan yang dihasilkan berganting pada lilitan dan magnetnya, maka besarnya tegangan listrik yang dihasilkan bergantung dari seberapa cepat putaran rotor. Semakin cepat putaran rotornya maka akan semakin besar frekuensinya. Menurut standar kelistrikan di Indonesia, frekuensi listrik yang aman digunakan adalah 50 Hertz. Jika lebih dari itu maka akan menyebabkan kerusakan pada alat elektronik yang menggunakan listrik tersebut.

Demikianlah ulasan kali ini, semoga blog Teknik Listrik yang saya kelola ini bisa selalu memberikan informasi dan ulasan bermanfaat setiap harinya. Itulah pengertian generator listrik, fungsi, bagian-bagian, dan cara kerjanya, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Gambar Gravatar
Seorang penuntut ilmu di bidang ketenagalistrikan yang suka membagikan ilmunya di website ini