.:[Close][Klik 2x]:.

Pengertian Bahan Konduktor, Isolator dan Semikonduktor beserta Karakteristik dan Contohnya

Teknik Listrik – Pengertian Bahan Konduktor, Isolator dan Semikonduktor beserta Karakteristik dan Contohnya – Ada banyak sekali jenis bahan yang digunakan dalam proses pemanfaatan dan distribusi tenaga listrik. Namun secara garis besar, bahan-bahan tersebut dibedakan atas tiga jenis, yaitu bahan konduktor, isolator, dan semikonduktor. Perbedaan tersebut diketahui berdasarkan sifatnya.

Pengertian bahan konduktor, isolator dan semikonduktor beserta karakteristik dan contohnya

Pengertian bahan konduktor, isolator dan semikonduktor beserta karakteristik dan contohnya

Apakah anda sudah mengetahui pengertian dari ketiga jenis bahan tersebut? Jika belum, pada artikel ini kami akan memberikan informasinya kepada anda mengenai pengertian dari bahan konduktor, isolator, dan semikonduktor, beserta karakterisitik dan contohnya. Bagi anda yang penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Bahan Konduktor, Isolator dan Semikonduktor beserta Karakteristik dan Contohnya

1. Bahan Konduktor

Bahan konduktor

Bahan konduktor

Konduktor didefinisikan sebagai bahan yang mampu menghantarkan panas. Ada banyak sekali bahan yang digolongkan ke dalam jenis konduktor, seperti besi, tembaga, baja, aluminium dan masih banyak lagi. Semua jenis logam umumnya memiliki sifat konduktor. Wajan, panci, setrika, dan kabel listrik merupakan sedikit dari sekian banyaknya penggunaan bahan konduktor dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Macam-macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik di Rumah yang Baik dan Aman

Pada wajan, panci, dan setrika umumnya menggunakan bahan konduktor berupa besi dan aluminium. Fungsinya agar panas yang dihasilkan dapat merata ke selurh bagian.Sedangkan pada kabel listrik umumnya menggunakan bahan konduktor berupa tembaga sebagai penghantarnya. Hal ini dipilih karena tembaga dinilai memiliki banyak kelebihan sebagai penghantar listrik dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Namun seiring perkembangan zaman, kini banyak juga kabel listrik, terutama pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi yang menggunakan penghantar dengan inti baja.

Urutan bahan konduktor dengan kualitas terbaik yaitu emas, perak, tembaga, alumunium, zink, dan besi. Jadi logam emas merupakan bahan yang mampu menghantarkan panas dengan sangat baik, karena memiliki hambatan jenis yang kecil. Namun karena harganya yang mahal dan tergolong sebagai logam mulia, membuat emas sangat jarang digunakan sebagai konduktor.

2. Bahan Isolator

Bahan isolator

Bahan isolator

Isolator merupakan jenis bahan yang memiliki sifat berlawanan dengan bahan konduktor. Jadi, isolator memiliki sifat atau karakteristik tidak menghnatarkan panas. Ada sangat banyak bahan isolator yang dapat dengan mudah anda temui dalam kehidupan sehari-hari seperti kayu, karet, plastik, kertas, kain, dan masih banyak lagi. Bahan isolator sering digunakan sebagai isolasi kabel.

Namun tidak semua bahan isolator dapat digunakan sebagai isolasi kabel, hanya bahan tertentu saja yang dinilai kualitas terbaik. Semakin besar tahanan jenis pada suatu bahan isolator, maka akan semakin besar juga kemampuannya dalam mengisolasi kabel penghantar listrik. Beberapa bahan yang sering digunakan sebagai pelapis kabel adalah PVC dan XLPE.

Selain itu, bahan isolator juga sering dipakai sebagai perlengkapan pengaman (safety) pada pekerja yang membutuhkannya. Misalnya oleh instalatir listrik dan teknisi listrik. Jadi jangan heran jika anda melihat teknisi PLN yang menggunakan pakaian full isolator karena hal itu bertujuan untuk meminimalisir dan menghindari bahaya dari sengatan arus listrik yang bisa saja terjadi.

3. Bahan Semikonduktor

Semikonduktor adalah bahan yang konduktivitasnya berada di antara konduktor dan isolator. Jadi bahan ini bisa saja menjadi konduktor bila diberi arus dengan besaran tertentu dan juga bisa menjadi bersifat isolator ketika dilewati arus dengan besaran tertentu.

Baca juga: Jenis-Jenis Muatan Listrik Pada Benda Beserta Sifatnya

Aplikasi dari bahan semikonduktor bisa anda temui pada berbagai komponen elektronika seperti dioda, LED. kapasitor, dan transformator. Di antara bahan semikonduktor yang paling sering digunakan pada komponen elektronika seperti yang disebutkan tadi adalah Germanium (Ge) dan Silikon (Si).

Tabel jeni bahan semikonduktor

Tabel jeni bahan semikonduktor

Dari berbagai komponen elektronika yang menggunakan bahan semikonduktor tersebutlah, kini tercipta banyak teknologi canggih seperti penguat suara hi-fi, radio AM, radio FM, TV berwarna, pemancar FM, dan adaptor (charger). Bahan semikonduktor juga dibedakan menjadi 2 jenis, yakni semikonduktor intrinsik dan semikonduktor ekstrinsik.

Perkembangan Bahan Konduktor, Isolator, dan Semikonduktor

Rasanya ketiga jenis bahan ini akan terus mengalami perkembangan di masa depan. Hal ini bertujuan untuk menunjang teknologi di peradaban yang akan datang. Nah, demikianlah pembahasan kali ini tentang pengertian bahan konduktor, isolator, dan semikonduktor beserta karakteristik dan contohnya. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat untuk para pembaca semua.

 

Leave a Reply