Mengenal Generator AC (Arus Bolak-balik) Beserta Fungsi dan Gambar Bagian-Bagiannya

Advertisement

Generator merupakan sebuah alat atau mesin yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Pada prinsipnya, generator mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik. Secara garis besar, generator dibedakan atas 2 jenis yaitu generator AC dan generator DC.Salah satu perbedaan di antara keduanya terletak pada jenis listrik yang dihasilkan.

Mengenal Generator AC (Arus Bolak-balik) Beserta Fungsi dan Gambar Bagian-Bagiannya

Mengenal Generator AC (Arus Bolak-balik) Beserta Fungsi dan Gambar Bagian-Bagiannya

 

Pada generator AC akan menghasilkan listrik bolak-balik sedangkan generator DC akan menghasilkan listrik searah. Kali ini kita akan membahas tentang generator AC (arus bolak-balik beserta fungsi dan gambar bagian-bagiannya.

Mengenal Generator AC (Arus Bolak-balik) Beserta Fungsi dan Gambar Bagian-Bagiannya

Pengertian Generator AC (Arus Bolak-balik)

‘Generator AC dapat didefinisikan sebagai mesin yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik’. Sumber energi yang menggerakan generator pun bermacam-macam jenisnya. Misalnya PLTU yang menggerakan generator dengan uap air. Ataupun PLTA yang menggerakan generator dengan menggunakan arus dari aliran air.

Fungsi Generator AC

Generator AC berfungsi untuk menghasilkan arus listrik AC. Seperti yang kita ketahui bahwasanya umumnya listrik yang paling sering kita gunakan berjenis listrik AC. Jadi apabila generator AC digunakan oleh suatu pembangkit listrik seperti PLN, maka generator tersebut berfungsi untuk mencukupi kebutuhan listrik masyarakat.

Prinsip Kerja Generator AC

Generator jenis apapun itu, pada umumnya menggunakan prinsip berdasarkan hukum Faraday. Yakni apabila suatu kumparan berputar di medan magnet sehingga memotong garis-garis gaya magnetnya, maka pada ujung-ujung kumparan atau penghantar tersebut akan timbul GGL (Garis Gaya Listrik).

Bagian-Bagian Generator AC

Secara garis besar, generator terdiri dari 2 bagian yaitu stator dan rotor.

Bagian-bagian generator AC

Bagian-bagian generator AC

Stator

Stator merupakan bagian generator yang diam (statis). Inti stator terbuat dari bahan feromagnetik atau besi yang disusun hingga berlapis-lapis. Pada bagian yang disusun berlapis-lapis ini nantinya akan menjadi tempat terbentuknya fluks magnetik. Kemudian terdapat juga tembaga yang dibelitkan secara beralur pada bagian stator dan berfungsi sebagai tempat terbentuknya GGL.

Rotor

Sedangkan rotor merupakan bagian dari generator AC yang bergerak atau berputar. Pada rotor terdapat kutub-kutubĀ  magnet beserta lilitan-lilitan kawat.

Nah demikianlah pembahasan kali ini mengenai generator listrik AC beserta fungsi dan gambar bagian-bagiannya. Mudah-mudahan info ini bermanfaat untuk anda.

Advertisement
Mengenal Generator AC (Arus Bolak-balik) Beserta Fungsi dan Gambar Bagian-Bagiannya | yoppisandi | 4.5

Leave a Reply