Masalah dan Cara Mengatasi Sistem Kelistrikan Motor

Kelistrikan pada motor menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang kinerja motor, karena jika terjadi kerusakan pada kelistrikan akan menyebabkan berbagai kerusakan lainnya.
Motor memerlukan banyak komponen agar performa mesin motor menjadi bagus, banyak diantara pengendara yang mengabaikan bahkan menyepelekan hal ini sehingga motor sering terkendala. Motor memerlukan perawatan berkala juga supaya komponen pendukung kendaraan bisa normal dan tidak bermasalah saat berkendara, terutama di bagian kelistrikannya.

Beberapa

Aki Tekor

Aki sangat diperlukan sebagai penyimpan tenaga listrik, seiring berjalannya waktu listrik di dalam aki akan lama-lama berkurang.
Hal ini akan menyebabkan aki tekor dan tidak dapat berfungsi dengan baik, akibatkan system kelistrikannya semua terganggu terutama lampu akan mati, klakson maupun starter tidak dapat hidup.
Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan cek berkala terhadap aki, jika aki basah maka jangan sampai air akinya berkurang atau habis.

Read More

Sekring Putus

Sekring berfungsi untuk pengaman rangkaian kelistrikan motor dari arus besar yang dapat membakar kabel-kabel kecil pada kelistrikan motor.
Sekring motor ada beberapa jumlahnya, misalkan saja jika saat lampu mati tapi starter normal maka kemungkinan hanya satu sekering yang putus.
Jika permasalahan sering putus maka solusinya adalah mengganti sekring tersebut.

Korsleting

korsleting terjadi jika arus positif aki langsung menempel pada arus negatif tanpa melewati beban kelistrikan, sehingga arus yang mengalir kapasitasnya tinggi. Biasanya korsleting disebabkan oleh air, contohnya saja saat mencuci motor ataupun saat kena banjir.
Jika terjadi korsleting dalam rangkaian utama maka sekring akan putus dan kelistrikan motor mati total, tetapi jika korsleting ini terjadi pada jalur tanpa ada sekring maka aki akan bisa terkuras habis dan bisa menyebabkan tekor.
Saat terjadi korsleting jangan langsung buru-buru mengganti sekring, tetapi di cek dahulu apakah ada kabel yang terkelupas dan menempel pada body motor.

Kabel Putus

Kelistrikan pada motor bisa terjadi juga karena kabel putus, dan untuk mengetahui masalah ini perlu ketelitian dan kejelian dalam menganalisa kabel mana yang putus. Untuk lebih amannya motor lebih baik dibawa ke bangkel untuk segera ditangani masalah kelistrikannya karena kabel putus ini.

Related posts