Macam-Macam Tang dan Obeng Listrik Beserta Gambar dan Penjelasannya

Tang dan obeng merupakan contoh dari peralatan tangan atau hand tool yang digunakan pada pekerjaan elektromekanik. Misalnya ketika melakukan pemasangan instalasi listrik, panel listrik, motor listrik, dan pekerjaan-pekerjaan elektromekanik lainnya. Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai fungsi dan kegunaan dari obeng dan tang.

  1. Macam-Macam Obeng dan Fungsinya
    Obeng merupakan peralatan tangan yang berfungsi untuk memutar sekrup, baik itu mengecangkan ataupun melepaskan sekurp. Secara umum, hand tool yang satu ini dibedakan atas jenis mata obengnya.Mata obeng terdiri dari dua jenis, yaitu mata obeng kembang (plus) dan mata obeng pipih (minus). Berikut adalah macam-macam obeng:

    a. Obeng Kembang (plus)
    Merupakan jenis obeng yang berfungsi untuk memutar sekrup yang memiliki alur berbentuk plus.

    obeng kembang (plus)

    obeng kembang (plus)

    b. Obeng Pipih (minus)
    Merupakan jenis obeng yang fungsinya untuk memutar sekrup yang memiliki alur berbentuk minus.

    Obeng Pipih (minus)

    Obeng Pipih (minus)


    c. Obeng Offset
    Kalau obeng yang satu ini memiliki ciri berbentu bengkok pada kedua ujungnya. Biasanya masing-masing ujungnya dilengkapi dengan mata obeng plus dan minus. Fungsi dari obeng offset ialah untuk memutar sekrup yang terletak di tempat yang sulit dijangkau oleh obeng jenis biasa.

    obeng offset

    obeng offset

    d. Obeng Spiral/Obeng Ketok
    Obeng spiral merupakan jenis obeng yang dapat memutar sekrup sendiri apabila diketok/dipukul.

    obeng spiral

    obeng spiral

  2. Macam-Macam Tang dan Fungsinya
    Sama seperti obeng, tang juga merupakan salah satu contoh dari peralatan tangan yang sering digunakan dalam pekerjaan elektromekanik. Tang memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Berikut adalh jenis-jenis tang beserta penjelasannya:

    a. Tang Potong
    Fungsi dari tang potong adalah untuk memotong kabel ataupun kawat penghantar. Tang jenis ini sangat berguna dalam pekerjaan pemasangan instalasi listrik.

    tang potong

    tang potong

    b. Tang Lancip
    Fungi tang lancip ialah untuk memegang benda ataupun komponen elektronika yang akan disolder. Seperti kapasitor dan resistor.

    tang lancip

    tang lancip

    c. Tang Pembulat
    Sesuai namananya, tang ini berfungsi untuk membuat bulatan atau mata itik pada kawat penghantar. Tang pembulat juga berguna untuk mengambil benda-benda yang letaknya sulit dijangkau oleh tangan ataupun jenis-jenis tang lainnya.

    tang pembulat

    tang pembulat

    d. Tang Pengupas
    Tang ini berfungsi untuk melepaskan isolasi kabel/penghantar ketika melakukan instalasi listrik.

    tang pengupas

    tang pengupas

    e. Tang Kombinasi
    Tang kombinasi merupakan jenis tang yang memiliki multifungsi. Seperti memegang komponen, menjepit, memelintir kawat, memotong, ataupun mengupas kabel yang memiliki diameter kecil.

    tang kombinasi

    tang kombinasi

    f. Tang Kakaktua
    Tang kakaktua berfungsi untuk mencabut paku yang menempel pada benda kerja.

    tang kombinasi

    tang kombinasi

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai tang dan obeng listrik yang telah dijelaskan dan disertai dengan gambar. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan kali ini bermanfaat untuk anda dan dapat menjadi refrensi ataupun pengetahuan baru tentang peralatan tangan (hand tool) yang digunakan dalam pekerjaan elektro mekanik.

 

One Response

  1. Nelia Mei 14, 2017 Reply

Leave a Reply