Macam-macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik di Rumah yang Baik dan Aman

Teknik Listrik – Membuat sambungan kabel pada instalasi listrik rumah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan info kepada anda tentang macam-macam sambungan kabel instalasi listrik rumah yang baik dan aman. Ada beberapa jenis sambungan kabel yang perlu anda ketahui, dan setiap sambungan tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing. Oke, langsung saja, berikut adalah macam macam sambungan kabel pada instalasi listrik rumah.

Macam-macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik di Rumah yang Baik dan Aman

1. Sambungan Ekor Babi (Joint Pigtail)

Sambungan ekor babi merupakan jenis sambungan kabel yang paling mudah sering digunakan karena teknik penyambungannya yang cukup mudah. Bahkan anda yang sama sekali tidak memiliki latar belakang di dunia teknik listrik pun bisa melakukannya. Namun tetap memerlukan ketelitian supaya tidak terjadi korsleting listrik.

Joint Pigtail

Joint Pigtail

Cara membuat sambungan ekor babi adalah dengan mengupas masing-masing kabel sepanjang 3 cm. Setelah itu tahan jepit dengan menggunakan tang lancip atau kombinasi. Lalu puntir kabel yang telah dikupas tadi dengan menggunakan tang yang lain. Puntirlah kabel ke kanan searah dengan putaran jarum jam.

2. Sambungan Puntir

Untuk mendapatkan hasil sambungan yang kuat pada saat ingin menambah panjang kabel, anda bisa menerapkan sambungan kabel jenis puntir. Sambungan puntir terbagi menjadi 2 jenis yaitu bell hangers dan western union.

  • Sambungan Bell Hangers
    Cara membuat sambungan bell hangers cukup mudah, anda hanya perlu mengupas dua buah kabel yang ingin disambung. Setelah itu bengkokan keduanya hingga membentuk huruf L dan puntir dengan arah yang saling berlawanan. Untuk lebih mudahnya, lihatlah gambar di bawah ini:

    Sambungan Puntir Bell Hangers

    Sambungan Puntir Bell Hangers

     

  • Sambungan Western Union
    Sama halnya dengan bell hangers, sambungan kabel ini juga digunakan pada saat ingin menambah panjang suatu kabel. Caranya yaitu dengan mengupas dua buah kabel masing-masing sepanjang 3 cm dan 5 cm. Nah untuk langkah selanjutnya anda bisa perhatikan gambar di bawah ini:

    Sambungan Puntir Western Union

    Sambungan Puntir Western Union

     

3. Sambungan Bolak-Balik

Sambungan bolak-balik memiliki kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi, bahkan pada saat direntang sekalipun. Nah untuk membuatnya, kupaslah masing-masing kabel sepanjang 3 sm dan 5 cm. Kemudian lakukanlah langkah-langkah seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah:

Sambungan Bolak-balik

Sambungan Bolak-balik

4. Sambungan Britania

Sambungan kabel Britania sering digunakan pada penghantar yang memiliki luas penampang atau diameter yang cukup besar. Untuk membuatnya, kupaslah masing-masing kabel sama panjang lalu bengkokan masing-masing ujungnya. Kemudia ambil seutas kawat penghantar dengan ukuran yang lebih kecil atau sama dengan kabel yang akan disambung. Lilitkanlah pada kedua kabel tersebut dengan cara dipuntir menggunakan tang.

Sambungan Britania

Sambungan Britania

5. Sambungan Percabangan Datar

Pada instalasi listrik rumah, seringkali dibutuhkan percabangan kabel. Tujuannya adalah untuk menghemat penggunaan kabel sehingga lebih bernilai ekonomis. Pada prakteknya, sambungan percabangan yang dibuat tidak harus memutus kabel pada penghantar utamanya. Adapun beberapa jenis sambungan percabangan datar, yaitu sebagai berikut:

  • Single Plan Joint
    Cara membuatnya yaitu kupaslah kabel utama yang ingin dibuat percabangan. Lalu kupas kabel lain dan lilitkan pada kabel utama tadi. Agar lebih jelas, anda bisa melihat gambar di bawah ini:
Single Plan Joint

Single Plan Joint

  • Konotted tab Joint
    Sekilas sambungan ini mirip dengan jenis sambungan sebelumnya. Namun jika dilihat lebih teliti lagi, knotted tab joint memiliki simpul awal yang berbeda. Hal ini dilakukan agar nantinya percabangan kabel memiliki ikatan yang lebih kuat dan tidak mudah lepas. Untuk cara melakukan penyambungannya, anda bisa lihat gambar di bawah ini:

    knotted tab joint

    knotted tab joint

  • Percabangan Ganda Satu Nadi
    Sesuai namanya, sambungan ini dibuat untuk menghasilkan percabangan ganda. Sebab pada instalasi listrik rumah tidak sedikit yang mengharuskan kita untuk membuat percabangan ini. Dengan cara ini anda bisa menghemat penggunaan kabel. Anda bisa melihat cara penyambungannya pada gambar di bawah:

    Percabangan Ganda Satu Nadi

    Percabangan Ganda Satu Nadi

     

6. Bulatan Mata itik

Mata itik dibuat untuk mempermudah ketika disambungan dengan kotak panel listrik. Cara membuatnya adalah dengan menggunakan tang pembulat. Yaitu tang khusus yang diciptakan untuk membuat bulatan mata itik. Berikut adalah gambar dari bulatan mata itik:

Bulatan Mata Itik

Bulatan Mata Itik

Itulah macam-macam jenis sambungan kabel pada instalasi listrik di rumah yang baik dan aman. Dalam membuat sambungan-sambungan tersebut gunakanlah alat yang sesuai dengan fungsinya dan tetap bekerja dengan aman. Safety First!

Leave a Reply