.:[Close][Klik 2x]:.

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya – Saklar merupakan salah satu alat kelistrikan yang dapat dengan mudah anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan fungsinya, saklar berguna untuk memutus dan menghubungkan arus listrik. Jadi anda bisa menggunakan saklar untuk berbagai macam keperluan seperti menghidupkan dan mematikan lampu. Secara garis besar, saklar memiliki 2 macam penggunaan, yaitu untuk instalasi penerangan dan instalasi tenaga.

Saklar sangatlah bermanfaat dalam menunjang keselamatan penggunaan tenaga listrik. Karena penggunaan saklar dalam instalasi sangat membantu mengurangi risiko korseleting.

Baca juga: Cara Mencegah dan Menangani Korsleting Listrik di Rumah

Namun apakah anda tahu bahwa ternyata saklar terdiri dari berbagai jenis. Bentuk fisik, fungsi, serta simbolnya pun berbeda-beda. Berikut ini akan kami sajikan informasi kepada anda tentang jenis-jenis saklar listrik beserta simbol dan fungsinya.

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

  1. Saklar Tunggal

    Saklar tunggal

    Saklar tunggal

    Saklar tunggal umum dijumpai pada rumah, apartemen, hotel, ataupun industri. Fungsi dari saklar tunggal ialah untuk menghidupkan dan mematikan satu buah lampu atau lebih. Saklar ini hanya terdiri dari atas sebuah tuas, jadi anda bisa menghubungkan ataupun mematikan banyak lampu hanya dengan sekali tekan.

  2. Saklar Seri

    Saklar seri

    Saklar seri

    Saklar seri merupakan dua buah saklar tunggal yang dihubungkan secara seri. Anda bisa menghidupkan satu buah lampu atau lebih secara bersamaan ataupun bergantian. Biasanya sakalar ini dipasang pada area yang memiliki lebih dari satu lampu. Misalnya ruang keluarga dengan ruang tamu.

  3. Saklar Kutub 2

    Saklar kutub 2

    Saklar kutub 2

    Merupakan jenis saklar listrik yang berfungsi untuk menghubungkan atau memnutuskan aliran arus listrik pada sumber dan pada beban. Penggunaan saklar kutub 2 yang paling mudah kita temui ialah pada papan hubung bagi (PHB) 1 fasa (Phase). Selain itu, saklar jenis ini juga sering digunakan pada ruangan yang lembab dan basah.

  4. Saklar Tukar

    Saklar tukar

    Saklar tukar

    Saklar tukar digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu dari 2 tempat yang berbeda. Selain itu anda juga bisa menggunakannya untuk menyalakan 2 buah lampu atau lebih secara bergantian. Saklar tukar bisa dengan mudah anda temui pada gudang bawah tanah, lorong-lorong, dan tangga pada rumah bertingkat.

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

Cara Pemasangan (Instalasi Saklar)

Berdasarkan PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik), cara pemasangan saklar di Indonesia dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

Baca juga: Pengertian Persyaratan Umum Instalasi Listrik

  • In-Bouw (Saklar ditanam pada tembok sistem)
  • Out Bouw (Saklar tidak ditanam pada tembok sistem)

Dalam pemasangan saklar juga terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang instalatir listrik, antara lain:

  • Saklar harus dapat melayani dengan aman tanpa memerlukan alat bantu khusus
  • Saklar harus dipasang sehingga bagian yang bergerak (tangkai) saklar tidak bertegangan ketika saklar dalam keadaan terbuka atau tidak terhubung (terputus).
  • Dudukan saklar dalam suatu instalasi harus seragam. Misalnya lampu akan hidup ketika tuas saklar didorong ke atas.

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini tentang jenis-jenis saklar listrik beserta simbol dan fungsinya. Terimakasih kepada anda yang telah membaca artikel ini, semoga info yang kami sajikan kali ini bermanfaat untuk anda.

 



Leave a Reply