Jenis-Jenis Muatan Listrik Pada Benda Beserta Sifatnya

By | Maret 15, 2017

Listrik sejatinya merupakan suatu muatan yang dapat menimbulkan reaksi tertentu, baik itu tolak-menolak ataupun tarik-menarik. Oleh karena listrik merupakan suatu muatan, maka energi listrik juga memiliki kaitan yang sangat erat dengan ilmu kimia, yaknik teori atom.

Nah, berikut adalah sifat-sifat atom:

  • Atom terdiri atas 3 jenis partikel yaitu:
    1. Proton (bermuatan positif)
    2. Elektron (bermuatan negatif)
    3. Neutron (bermuatan netral)
  • Proton dan neutron akan membentuk inti atom yang selanjutnya akan dikelilingi oleh elektron pada bagian luar (kulit atom).
  • Atom bermuatan netral apabila jumlah proton(+) sama dengan jumlah elektron(-).
  • Atom bermuatan negatif apabila atom tersebut kelebihan elektron(-).
  • Atom bermuatan positif apabila aton tersebut kekurangan elektron(-).
atom

atom

Dari beberapa sifat-sifat atom di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa yang bersifat dinamis di antara ketiga partikel tersebut ialah elektron. Kenapa? Karena elektron merupakan partikel atom yang letaknya paling luar. yakni berada di kulit atom. Sehingga membuatnya dapat berpindah-pindah dari satu atom ke atom yang lain. Hal inilah yang dapat menyebabkan suatu atom yang semula bermuatan netral berubah menjadi bermuatan positif ataupun negatif.

Anda juga bisa melakukan perobaan untuk mengamati adanya muatan listrik dan perpindahan elektron pada suatu benda. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama anda perlu menyiapkan beberapa bahan seperti: penggaris plastik, kain wol, dan sedikit potongan kertas kecil.
  2. Gosokanlah penggaris plastik pada kain wol selama beberapa saat. Apabila tidak ada kain wol, anda juga bisa menggunakan rambut. Dengan catatan rambutnya kering dan bebas dari minyak.
  3. Setelah selesai menggosok penggaris plastik pada kain wol atau rambut, dekatkanlah penggaris plastik tersebut ke potongan kertas kecil yang sebelumnya telah disiapkan.
  4. Amatilah gaya atau rekasi yang terjadi antara kedua benda tersebut!
Mengetahui muatan listrik pada benda

Mengetahui muatan listrik pada benda

Jika anda melakukan percobaan dan pengamatan di atas dengan benar, maka akan muncul gaya tarik-menarik antara penggaris plastik dengan potongan kertas. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini bisa terjadi karena adanya perbedaan jenis muatan antara penggaris plastik dengan potongan kertas.

Kain wol yang digosokan pada penggaris plastik akan memberikan sejumlah elektron pada penggaris. Sehingga menyebabkan penggaris yang awalnya bermuatan netral menjadi bermuatan negatif karena kelebihan jumlah elektron(-).

Penggaris plastik yang bermuatan negatif(-) tersebut kemudian didekatkan dengan potongan kertas yang bermuatan netral(0) sehingga terjadilah gaya tarik menarik sebagai akibat dari adanya perbedaan jenis muatan.

Gaya tolak-menolak juga bisa terjadi apabila anda mendekatkan kedua benda yang memiliki jenis muatan yang sama. Misalnya dua buah penggaris plastik yang baru saja digosok dengan kain wol. Maka apabila kedua benda tersebur didekatkan, akan timbulah gaya tolak menolak. Karena keduanya sama-sama bermuatan negatif.

Perlu diingat bahwa gaya tolak-menolak tidak terjadi pada kedua benda yang bermuatan netral(0). Meskipun jenis muatannya sama, kedua benda yang bermuatan netral, apabila didekatkan tidak akan menimbulkan gaya apapun.

Dari uraian di atas, dapat diambil kesimpulan mengenai sifat-sifat dari benda yang bermmuatan listrik, yaitu sebagai berikut:

  • Dua buah benda yang masing-masing bermuatan listrik positif dan negatif, apabila didekatkan, maka akan timbul gaya tarik menarik.
  • Dua buah benda yang bermuatan listrik sejenis, baik itu positif dengan positif ataupun negatif dengan negatif, apabila didekatkan, maka akan muncul gaya tolak menolak.
  • Dua buah benda yang bermuatan netral jika didekatkan maka tidak akan menimbulkan gaya apapun.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai muatan listrik pada benda beserta sifat-sifatnya. Mudah-mudahan apa yang kita bahas kali ini dapat bermanfaat, khususnya untuk para pembaca sekalian. Terimakasih.

 

One thought on “Jenis-Jenis Muatan Listrik Pada Benda Beserta Sifatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *