Definisi dan Fungsi KWH Meter

KWH meter merupakan salah satu alat kelistrikan yang dapat dengan mudah anda jumpai pada setiap rumah-rumah. Alat ini wajib dimiliki oleh setiap rumah yang berlangganan listrik kepada pihak PLN. Gunanya adalah untuk mengetahui serta menghitung besarnya penggunaan daya listrik. Nah,pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kepada anda tentang definisi dan fungsi dari KWH meter.

Definisi dan Fungsi KWH Meter

Definisi dan Fungsi KWH Meter

Definisi KWH Meter

KWH meter adalah alat yang digunakan oleh Perusahaan Listrik Negaran (PLN) untuk menghitung jumlah penggunaan daya listrik oleh konsumennya. Alat ini terdiri atas beberapa bagian utama seperti kumparan tegangan, kumparan arus, piringan alumunium, dan magnet tetap.

Dalam KWH meter, magnet tetap tersebut berperan untuk menetralkan induksi medan magnet pada piringan alumunium. Selain itu juga berfungsi untuk menciptakan gerak mekanik untuk mencatat putaran dari piringan alumunium.

Perhitungan KWH Meter

KHW Meter merupakan singkatan dari Kilo Watt Hours atau yang dalam bahasa Indonesia memiliki pengertian: n ribu watt dalam satu jam. Ketika anda membeli KWH meter, maka pada bodinya akan tercantum jumlah putaran per KWH. Contohnya anda membeli KWH meter dan tercantum tulisan ‘900 putaran per KWH’, artinya harus ada 900 putaran per jam agar dapat dikatakan sebagai 1 KWH.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang definisi dan fungsi dari KWH meter. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

 

Leave a Reply