Cara Menghitung Nilai Hambatan Pada Rangkaian Resistor Seri, Paralel, dan Campuran Beserta Contoh Soalnya

Resistor merupakan salah satu komponen yang dapat dirangkai dan dialiri arus listrik. Fungsi dari komponen ini ialah untuk menghambat arus yang lewat guna menghasilkan aliran arus listrik yang lebih kecil pada suatu rangkaian. Resistor bisa dijadikan ke dalam beberapa jenis rangkaian, seperti rangkaian seri, paralel, dan campuran.

Rangkaian seri merupakan rangkaian resistor yang dihubungkan secara deret. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyebut rangkaian seri dengan rangkaian deret. Berikutnya rangkaian paralel, yaitu dua resistor atau lebih yang dihubungkan secara sejajar. Sedangkan rangkaian campuran merupakan kombinasi atau penggabungan antara rangkaian seri dengan rangkaian paralel.

Cara Menghitung Nilai Hambatan Pada Rangkaian Resistor Seri, Paralel, dan Campuran

Rangkaian Seri

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa rangkaian seri merupakan rangkaian yang menghubungkan dua buah resistor atau lebih secara deret. Gambar di bawah merupakan salah satu contoh dari 3 buah resistor yang dihubungkan secara seri:

Rangkaian seri resistor

Rangkaian seri resistor

 

Nah, apabila anda ingin menghitung besarnya jumlah hambatan (hambatan total/R total) pada suatu rangkaian resistor seri, maka anda dapat menggunakan rumus berikut:

Rs = R1+ R2 + ... Rn

Jadi khsus untuk resistor yang dihubungkan seri, kuncinya hanyalah menambahkan nilai hambatan pada R1 dengan R2 dan seterusnya. Cukup mudah kan?

Rangkaian Paralel

Rangkaian ini merupakan penggabungan resistor yang dihubungkan secara deret. Untuk menghitung nilai hambatan total pada rangkaian resistor paralel tentunya berbeda dengan cara menghitung hambatan pada rangkaian seri. Berikut adalah salah satu contoh rangkaian resistor yang dihubungkan secara paralel:

Rangkaian paralel resistor

Rangkaian paralel resistor

Apabila anda menemukan rangkaian resistor paralel lalu ingin mengetahui nilai hambatan totalnya, maka anda dapat menggunakan rumus berikut ini:

\frac{1}{Rp} = \frac{1}{R1} + \frac{1}{R2} +....\frac{1}{Rn}

Rangkaian Campuran

Rangkaian campuran resistor

Rangkaian campuran resistor

Rangkaian campuran bukanlah jenis rangkaian tersendiri. Melainkan penggabungan antara rangkaian seri dengan rangkaian paralel. Jadi untuk menghitung hambatan totalnya harus menggunakan rumus yang digunakan pada rangkaian seri dan rangkaian paralel. Berikut ini adalah contoh gambar dari rangkaian campuran:

Contoh Soal menghitung Hambatan Total

  1. Terdapat 3 buah resistor yang dihubungkan secara seri. Masing-masing hambatannya ialah R1 = 5 Ohm, R2 = 3 Ohm, dan R3 = 4 Ohm. Hitunglah nilai hambatan totalnya!
    Jawab:
    Rs = R1 + R2 + R3
    Rs = 5 + 3 + 4
    Rs = 12 Ohm
  2. 2 buah resistor dihubungkan secara paralel seperti gambar berikut:

    Tentukanlah besarnya R total dari rangkaian tersebut!
    Jawab :
    \frac{1}{Rs} = \frac{1}{R1} + \frac{1}{R2} \frac{1}{Rs} = \frac{1}{3} + \frac{1}{4}

    \frac{1}{Rs} = \frac{4}{12} + \frac{3}{12}

    \frac{1}{Rs} = \frac{7}{12}

    {Rs} = \frac{12}{7}

    {Rs} = 1,71

  3. Diketahui terdapat rangkaian campuran resistor seperti pada gambar di bawah.

    Hitunglah hambatan keselurahan pada rangkaian tersebut!
    Jawab :
    Untuk mengerjakan soal seperti ini, yang pertama harus kita cari adalah hambatan pada masing masing resistor yang dihubungkan secara seri setelah itu baru hubungan paralelnya. Seperti berikut ini:
    Rs1 = R1 + R2 = 4 + 3 = 7 Ω
    Rs2 = R3 + R4 = 5 + 6 = 11 Ω

    \frac{1}{RT} = \frac{1}{Rs1} + \frac{1}{Rs2}

    \frac{1}{RT} = \frac{1}{7} + \frac{1}{11}

    \frac{1}{RT} = \frac{11}{77} + \frac{7}{77}

    \frac{1}{RT} = \frac{18}{77}

    RT = \frac{77}{18} = 4, 28 Ω

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara menghitung nilai hambatan pada rangkaian resistor seri, paralel, dan campuran yang disertai dengan contoh soal dan jawaban. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda

 

 

 

 

 

One Response

  1. Amory Mei 14, 2017 Reply

Leave a Reply