Cara Menghemat Penggunaan Listrik Prabayar di Rumah

Teknik Listrik – Cara Menghemat Penggunaan Listrik Prabayar di Rumah – Kenapa pulsa listrik cepat habis? Banyak konsumen yang merasa bahwa tarif listrik prabayar lebih mahal jika dibandingkan dengan listrik pascabayar. Hal inilah yang menyebabkan KWH prabayar terasa boros. Jika anda sedang mengalami masalah demikian, maka anda perlu mengetahuinya dengan cermat, karena ada beberapa tindakan yang bisa anda lakukan sebagai caram menghemat pulsa listrik. Untuk cara menghemat listrik pulsa, anda bisa mencoba alat penghemat listrik prabayar yang banyak dijual di berbagai marketplace di Indonesia. Selain itu ada juga cara lain untuk menghemat listrik sistem pulsa. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan penjelelasannya kepada anda mengenai cara membuat pulsa listrik menjadi irit, kode rahasia irit pulsa listrik, kode menghemat pulsa listrik, hingga cara menghemat pulsa listrik 1300 watt.

Cara menghemat penggunaan listrik prabayar di rumah

Cara menghemat penggunaan listrik prabayar di rumah

Di tahun 2017 ini pemerintah secara resmi telah menaikan tarif dasar listrik serta mencabut subsidi listrik bagi masyarakat yang menggunakan listrik berdaya 900 watt. Hal ini menyebabkan banyak sekali masyarakat Indonesia yang merasa kaget pada akhir bulan saat melihat jumlah tagihan penggunaan listrik yang harus dibayarnya.

Hal itu memanglah benar, karena selama ini pemerintah Indonesia telah menggelontorkan dana yang sangat besar untuk urusan subsidi listrik rakyat. Nah, baru pada tahun inilah pemerintah memindahkan subsidi listrik untuk pembiayaan pembangunan di sektor lainnya. ada 2 jenis meteran listrik yang saat ini tersedia di Indonesia, yaitu prabayar dan pascabayar. Semuanya pun telah dicabut subsidinya.

Kondisi ini tentunya menuntut kita semua untuk lebih bijaksana dalam menggunakan energi listrik. Kita tidak boleh lagi boros apalagi bersikap mubazir dalam menggunakan listrik. Sebagai masyarakat Indonesia yang cerdas, anda juga bisa mengupayakan semaksimal mungkin untuk menghindari membengkaknya tagihan listrik. Nah, berikut ini adalah cara menghemat penggunaan listrik prabayar di rumah

Cara Menghemat Penggunaan Listrik Prabayar di Rumah

  1. Gunakan Lampu LED

    Lampu LED (Light Emitting Diode) merupakan jenis lampu generasi terbaru yang diklaim dan terbukti mampu menghemat penggunaan daya listrik. Lampu jenis ini memiliki keunggulan seperti tidak mudah panas, warna lebih soft dan natural, serta yang pasti memiliki cahaya yang lebih terang jika dibandingkan dengan lampu generasi sebelumnya. Lampu LED 3 watt sudah mampu menerangi kamar mandi ataupun kamar tidur. Nah bayangkan, bagaimana jika anda mengganti seluruh lampu di rumah anda dengan lampu LED? Tentunya akan terjadi penghematan daya secara besar-besaran bukan? Akan tetapi, salah satu kelemahan dari lampu ini yaitu harga jualnya yang masih relatif mahal dibandingkan dengan lampu jenis lainnya.

  2. Jangan Gunakan Pengering saat Musim Panas

    Di saat musim panas ataupun kemarau, anda sebaiknya jangan menggunakan pengering dari mesin cuci. Sebab energi gerak yang dihasilkan oleh mesin cuci tersebut memerlukan daya listrik yang tidak sedikit. Jadi, di saat cuaca sedang terik seperti ketika musim panas, manfaatkanlah sinar matahari untuk mengeringkan pakaian anda.

  3. Gunakan Setrika Berfitur Kontrol Otomatis

    Setrika jenis baru yang saat ini banyak dijual di pasaran, rata-rata sudah dibekali dengan teknologi auto control. Prinsipnya adalah setrika akan otomatis mati pada saat telah mencapai suhu atau batas suhu maksimumnya. Nah ketika suhunya turun dengan batas tertentu, maka setrika ini akan kembali hidup untuk kembali mencapai batas suhu maksimumnya. Fitur terbaru pada setrika ini tentunya tidak hanya berdampak pada kita yang semakin mudah dan aman ketika melicinkan pakaian. Akan tetapi, juga berdampak pada penggunaan daya listrik yang menjadi lebih hemat.

    Baca Juga: Daftar Harga Saklar dan Stop Kontak Panasonic Terbaru 2017

  4. Gunakan Saklar Otomatis

    Di zaman modern seperti sekarang ini, telah banyak peralatan elektronika yang serba otomatis yang diciptakan untuk meningkatkan efisiensi energi. Salah satunya adalah saklar yang akan menghidupkan dan mematikan peralatan listrik secara otomatis. Ada cukup banyak jenis dari saklar otomatis, salah satunya adalah yang menggunakan sensor cahaya atau LDR (Light Depent Resistor). Cara kerjanya adalah aliran listrik akan otomatis terputus pada saat siang hari ketika sensor cahaya terpapar sinar matahari. Lalu saklar akan otomatis terhubung ketika sensor tidak terpapar sinar. Selain itu, ada juga saklar otomatis lainnya, contohnya adalah yang menggunakan timer (waktu).

  5. Cabut Steker (Colokan) yang Tidak sedang Digunakan

    Salah satu kebiasaan buruk dari kita yaitu malas mencabut steker (colokan) setelah menggunakan peralatan listrik. Padalahal, ketika alat listrik yang kita gunakan telah dimatikan, arus listriknya akan tetap mengalir sehingga konsumsi daya pun akan terus bertambah. Memang konsumsinya terbilang kecil, namun jika steker yang masih tertancap pada stop kontak sangat banyak, tentunya konsumsi daya juga akan semakin banyak. Hal ini tentu akan berdampak besar pada jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan pada akhir bulan.

Nah, itulah cara menghemat penggunaan listrik prabayar di rumah. Mudah-mudahan informasi yang kami berikan pada kesempatan waktu kali ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Leave a Reply