.:[Close][Klik 2x]:.

Cara Mencegah dan Menangani Korsleting Listrik di Rumah

Cara Mencegah dan Menangani Korsleting Listrik di Rumah – Korsleting merupakan hubungan pendek antara penghantar fasa dan nol. Seperti yang kita ketahui, antara kabel fasa dan nol tidak boleh saling menempel, melainkan harus melewati beban terlebih dahulu, seperti misalnya lampu, televisi, kulkas, dan lain-lain.

Cara mencegah dan menangani korsleting listrik di rumah

Cara mencegah dan menangani korsleting listrik di rumah

Korselting listrik sangatlah membahayakan karena dapat menyebabkan suatu ledakan yang bisa mengakibatkan kebakaran. Nah, tentunya anda tidak ingin kan hal ini terjadi di rumah anda? Untuk itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui cara mencegah terjadinya korselting listrik di rumah. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah korsleting di rumah, berikut adalah beberapa di antaranya:

Cara mencegah Korsleting Listrik di Rumah

1. Jangan Menumpuk Steker secara Berlebihan 

Steker yang menumpuk bisa menjadi penyebab terjadinya korsleting listrik di rumah anda. Hal itu dikarenakan stop kontak yang digunakan mengalami kelebihan beban sehingga menyebabkannya mengalami kelebihan panas dan menimbulkan kebakaran.

2. Gunakan Peralatan Listrik Standar

Pastikan seluruh peralatan listrik di rumah anda, baik itu saklar, steker, stop kontak, MCB, ataupun peralatan listrik lainnya telah mengantongi SNI atau LMK. Jangan pernah tergoda untuk membeli peralatan listrik tanpa label tersebut hanya karena harganya yang murah.

3. Percayakan Pemasangan Instalasi pada Ahlinya

Instalatir yang memasang listrik di rumah anda haruslah telah memiliki sertifikat resmi dan telah terdaftar sebagai Anggota Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) dan PLN. Sebab, mereka yang telah bersertifikat resmi dan terdaftar dalam AKLI memiliki tanggung jawab terhadap kliennya.

4. Gunakan Kabel Listrik Sesuai Porsinya

Maksudnya adalah dengan menggunakan kabel sesuai dengan tempat penggunaannya dan kapasitas hantar arusnya. Untuk mengetahui tentang jenis-jenis kabel beserta penggunaannya, anda bisa melihatnya dalam buku PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik).

5. Jangan Gunakan Listrik Ilegal

Salah satu penyebab marak terjadinya kebakaran adalah karena banyaknya masyarakat yang asal menyambung listrik atau mencuri listrik. Selain sangat membahayakan dan sering menimbulkan koresleting listrik, hal ini juga tergolong dalam tindakan kriminal yang dapat dipidanakan.

6. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan rutin perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya korselting listrik. Anda bisa memeriksanya dengan cara melihat dan menyusuri kabel listrik di rumah. Lakukanlah penambahan isolasi jika anda melihat kabel yang isolasinya sudah rusak. Lakukan pemeriksaan minimal 5 tahun sekali.

7. Jangan Biarkan Steker Menteap dalam Waktu Lama

Terutama ketika anda ingin meninggalkan rumah dalam waktu lama, penting untuk melepaskan seluruh steker atau tusuk kontak. Sebab perlu anda ketahui bahwa ketika alat elektronik mati, listrik masih tetap mengalir pada tusuk kontak tersebut.

Nah itulah cara mencegah terjadinya korsleting listrik di rumah. Lakukanlah cara-cara di atas agar rumah anda tetap bisa menggunakan listrik dengan aman. Sebab korsleting listrik merupakan suatu hal yang cukup berbahaya dan berisiko tinggi.

Jika anda melihat korsleting listrik di rumah sendiri ataupun rumah orang lain, anda bisa mengupayakannya agar tidak menimbulkan kebakaran. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Ketika terjadi korselting segeralah lepas semua steker dan matikan semua saklar lampu.
  • Selanjutnya periksalah listrik di rumah tetangga anda. Jika listrik pada tetangga tidak mati, berarti listrik di rumah anda mati karena adanya korsleting.
  • Kemudian cobalah untuk menyakan MCB kembali di teliti setiap peralatan listrik di rumah yang mungkin menyebabkan terjadinya korsleting.
  • Jika ternyata listrik mengalami korslet karena salah satu lampu, segeralah lepaskan lampu tersebut. Namun terlebih dahulu mematikan MCB nya.
  • Kemudian nyalakan kembali MCB nya, jika sudah tidak ada korsleting lagi berarti rumah anda sudah aman. Namun jika ternyata masih ada korslet, mungkin hal itu terjadi pada kabel atau fitting lampunya.
  • Jika masalah korselting belum juga selesai, dan anda tidak lagi mampu mengatasinya, naiklah ke atap rumah dan putuskan kabel fasa yang tersambung ke rumah anda. Setelah itu hubungilah pihak yang berwenang seperti PLN.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara mencegah dan menanganai korselting listrik. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda sebagai pengetahuan dan pembelajaran agar terhindar dari korselting listrik.

 

Leave a Reply