Cara memasangan KWH Meter

, ini perlu kita ketahui sebagai pengetahuan dalam listrik terutama rumah tangga. Sebelumnya kita juga perlu tahu dulu apakah Kwh meter tersebut dan jenisnya apa saja.

?

KWH Meter merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur total energi listrik yang dikonsumsi atau dikeluarkan oleh peralatan di rumah yang diambil dari energi listrik dari catu daya utama di rumah. Kita bisa mengetahuinya jumlah pemakian dan besarnya tagihan listrik dari angka-angka yang ada di kwh meter tersebut.
pembacaan pada kwh meter ini komulatif, dimana yang tertera dalam kwh meter tersebut adalah total dari awal, sehingga untuk menentukan konsumsi di bulan tertentu dengan cara membandingkan perbedaan pembacaan bulan sekarang dengan bulan sebelumnya, nilai ini yang menjadi acuan jumlah konsumsi listriknya.

Jenis – jenis KWH meter

Kwh Meter Analog

KWh jenis ini biasa ditemukan di daerah pedesaan, Cara kerjanya adalah menghitung biaya dari piringan logam non-magnetik yang bergerak memutar seiring dengan jumlah daya yang dilewati. Semakin tinggi daya yang digunakan, piringan akan semakin cepat berputar.

Read More

Kwh Meter Digital

KWh meter digital ini yang saat ini banyak digunakan di perumahan dengan jenis listrik pascabayar. Kwh meter jenis ini jauh lebih efektif dalam perhitungan dibandingkan dengan kwh analog. Hal ini disebabkan karena teknologinya sudah lebih canggih dan tertera dalam layar digital.

Smart Meter

Smart meter atau meteran pulsa listrik adalah tipe terbaru dan lebih efektif dibandingkan analog dan digital. Smart meter bisa digunakan pada pelanggan prabayar maupun pascabayar dan langsung terhubung ke internet. Tagihan akan langsung tertera tanpa petugas PLN yang datang mengecek setiap bulannya.

Dalam pemasangan di rumah hendaknya Anda sudah memiliki alat ini dan juga sudah melakukan pendaftaran pemasangan listrik ke PLN terdekat agar dapat melakukan penyambungan listrik dari sumber listrik yang ada.

Pertama cara pemasangan alat ini adalah memasang dua kabel hitam twist yakni kabel positif atau fasa dengan kabel negatif atau netral dari tiang listrik jaringan tegangan rendah ke rumah Anda yang dilakukan oleh petugas PLN.
Jika kabel dari tiang listrik PLN sudah terhubung ke rumah maka Anda dapat melakukan pemasangan meteran dengan cara menyambungkan kabel positif fasa ke arus listrik TR input alat ini.
Lalu, sambungan tersebut dilanjutkan ke TR input MCB, dari MCS kabel positif ke dalam rumah berupa kabel NYM yang nantinya akan menjadi kabel lampu, sakelar listrik didalam rumah.
Kabel negatif atau netral dari input akan disambungkan ke kwh listrik dan keluar dalam bentuk output yang digunakan rumah Anda.
Selanjutnya kabel terakhir yakni kabel grounding akan dipasang ditanah, akan diteruskan ke dalam rumah dengan menggunakan kabel NYM yang berwarna kuning.
Kabel grounding atau arde ini akan disambungkan ke stop kontak di dalam rumah, fungsi dari kabel arde sendiri adalah menghilangkan setrum yang biasanya terjadi pada peralatan elektronik seperti komputer, TV, atau lemari es.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.