.:[Close][Klik 2x]:.

Bagian-bagian Solder Listrik Beserta Fungsinya

Teknik Listrik – Bagian-bagian Solder Listrik Beserta Fungsinya Apa itu solder listrik? Solder listrik adalah alat bantu untuk merakit ataupun membongkar rangkaian elektronika pada papan PCB. jenis-jenis solder di pasaran, yaitu solder listrik, solder uap (solder blower), dan solder gas yang orang awam menyebutnya solder hp. Nah pada artikel ini kita akan membahas tentang solder listrik. Ada 2 macam bentuk dari solder ini, yaitu berbentuk batang dan tembak. Harga solder tembak biasanya lebih mahal dari harga solder listrik batang. Fungsi solder sangatlah penting terutama bagi anda yang bergelut di dunia elektronika. Berikut adalah gambar solder listrik.

Baca juga: Macam-macam Gelang Warna Pada Resistor Beserta Fungsi dan Cara Mengitung Nilai Hambatannya

Bagian-bagian solder listrik beserta fungsinya

Bagian-bagian solder listrik beserta fungsinya

Bagian-bagian Solder Listrik Beserta Fungsinya

Berikut ini adalah bagian-bagian utama solder listrik

  1. Elemen Pemanas

    Elemen pemanas

    Elemen pemanas

    Solder adalah alat yang bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas atau kalor. Bagian utama dari sebuah solder adalah elemen solder atau elemen pemanas yang berfungsi sebagai penentuk tinggi rendahnya suhu. Jika pada solder terdapat tegangan yang besar maka suhu yang dihasilkan oleh elemen ini akan semakin tinggi juga. Elemen pemanas solder memiliki daya tertentu yang penggunaanya dipilih berdasarkan kebutuhannya. Misalnya anda ingin merangkai Integrateed Circuit (IC) pada papan PCB, maka gunakanlah solder dengan elemen pemanas kurang dari 30 watt, sebab jika lebih dari itu bisa meyebabkan kerusakan pada komponen IC.

     

  2. Besi Solder

    Besi solder

    Besi solder

    Tip atau besi solder merupakan bagian solder listrik berikutnya yang berfungsi untuk mengalirkan energi panas yang sebelumnya dihasilkan oleh elemen pemanas. Oleh karena berfungsi sebagai konduktor, maka bagian ini harus terbuat dari bahan yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Selanjutnya panas solder terkumpul pada bagian ujungnya atau mata solder sehingga dapat digunakan sebagai patri timah pada saat merangkai komponen elektronika. Mata solder yang bagus memiliki ujung runcing dan terbuat dari bahan penghantar panas yang baik. Dan inilah sebabnya mengapa ujung solder terbuat dari tembaga.

  3. Gagang Solder

    Gagang solder

    Gagang solderGagang solder

    Agar mudah dan aman digunakan, alat solder listrik dilengkapi dengan gagang. Ada yang berbentuk tembakan dan ada juga yang berbentuk batang. Bahan yang digunakan untuk membuat gagang solder adalah plastic yang dicampur dengan bahan tertentu sehingga tetap aman dan tidak meleleh ketika solder dipanaskan. Solder yang bagus biasanya menggunakan gagang dari bahan tahan panas. Sedangkan solder dengan kualitas kurang baik belum dilengkapi dengan gagang tahan panas. Jadi, suhu panasnya masih sedikit terasa ketika menggunakannya.

Cara Menggunakan Solder Listrik

Kegunaan solder sangatlah vital terutama bagi mereka yang bergelut di dunia elektronika. berikut ini kami sajika tutorial cara menggunakan solder listrik yang baik dan benar. Sebelumnya anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan Bahan 

  • Solder listrik
  • Timah solder
  • PCB
  • Komponen yang akan disolder (misal: LED, Kapasitor, Transistor, dan lain-lain)

Cara Menyolder

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  • Panaskan solder listrik
  • Bersihkan PCB dan komponen. Pastikan juga bahwa komponen masih dalam keadaan baik
  • Pasang komponen pada PCB
  • Letakan mata solder dekat dengan kaki komponen
  • Ambil timah dan tempelkan pada mata solder
  • tempelkan timah yang sudah cair pada kaki komponen hingga merekat
  • Selesai

Itulah dasar cara solder komponen elektronika. Agar lebih mudah dan hasilnya lebih baik, anda bisa menggunakan bantua cairan solder dan pasta solder (flux solder). Fungsi cairan solder adalah untuk menyolder bahan-bahan tertentu yang sulit dilakukan dengan cara biasanya, misalnya ketika ingin menyolder alumunium. Sedangkan fungsi pasta solder dan flux solder adalah untuk membersihkan sisa-sisa timah yang masih menempel pada mata solder. Harga flux solder cukup bervariasi sesuai dengan merk dan kapasitasnya.

Baca juga: Bagian-bagian Multimeter Analog Beserta Fungsinya Secara lengkap

Nah, demikianlah pembahasan kali ini tentang bagian-bagian solder listri beserta fungsinya. Mudah-mudahan informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat dan mudah untuk dipahami.

 

Leave a Reply